Cara Belajar Berpidato untuk Pemula

Cara Belajar Berpidato untuk Pemula - Setiap hari kalian berbicara. Macam - macam yang kalian bicarakan kepada orang lain. Mungkin kalian membicarakan pengalaman, keinginan, permintaan, atau pertanyaan. dalam berpicara itu seolah-olah kalian tidak perlu berpikir. Artinya jika ingin berbicara, langsung bicarakan saja. Hal itu dapat kalian lakukan dengan mudah karena sudah membiasakannya.

Berpidato itu hampir sama dengan berbicara yang kalian lakukan setiap hari itu. Bedanya, berpidato dilakukan di muka umum dengan cara tertentu dan tujuan tertentu. Jadi, semua orang yang sudah biasa berbicara, sebenarnya dapat berpidato. Jika pidatonya kurang lancar, karena belum terbiasa saja. Jika sudah sering pidato, tentu lancar seperti berbicara biasa.

Untuk membiasakan pidato memang perlu niat. Niat untuk berpidato. Niat saja belum cukup, perlu di tambah dengan keberanian. Sebab, bagi yang belum biasa, berpidato itu diluputi rasa takut, malu, atau grogi. Hal ini tidak perlu dirisaukan karena semua orang yang belum melakukan seseuatu, termasuk berpidato akan merasa grogi.

Rasa grogi itu disebabkan oleh ketidak pastiannya dan ketidakpastian disebabkan oleh ketidaktahuan. Orang yang belum terbiasa berpidato tentu belum tahu bagaimana cara membuka pidato, cara menguraikan isi runtut dan jelas, serta belum tahu juga cara menutup pidato yang baik.  Nah, karena belum tahu apa yang akan dilakukan belum pasti. Belum pasti mengenai apa yang akan dilakukan inilah yang menyebabkan orang ragu-ragu dan tajut. Takut salah, takut ditertawakan, dan takut disoraki. Padahal, apa yang dilakukan itu belum tentu terwujud. Misalnya, sebelum pidato kalian takut salah. Nah, setelah benar-benar berpidato, ternyata tidak ada yang salah. Jadi rasa takut itu timbul karena biasa saja.

Bagaimana cara menghilangkan rasa takut? Mudah sekali, yaitu belajar supaya tahu dan berlatih supaya terbiasa. Jadi, untuk dapat berpidato pertama-tama harus ada niat, kemudian belajar, dan akhirnya berlatih. Semakin banyak belajar semakin terbiasa, dan tentu semakin terampil berpidato.

Ingat-ingatlah ini: niat, belajar, dan berlatih. dengan niat yang kuat, belajar giat, dan rajin berlatih, kalian tentu akan terampil berpidato. Sebab, berpidato termasuk jenis keterampilan yang bia di pelajari. Berpidato bisa dilatihkan. Semua orang yang sudah biasa berbicara dapat berpidato karena berpidato itu memang mudah.

0 Response to "Cara Belajar Berpidato untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel